Kamis, 10 Oktober 2013

Tips Menangani Jerawat (Trik & Tips Cantik Alami Tanpa Resiko)




Hai-hai wave bagaimana seh bayangan kamu jika ngomogin masalah JERAWAT!!!. Hadeh day dreaming Pastinya nyebelin banget angry Kenapa g nyebelin? lah wong mengurangi kecantikan/ketampanan kulit wajah aja, malah juga bikin g PD. Diriku aja pernah tuh ditumbuhi jerawat gajah yang banyak bgt diwajah. Nah loh, gimana tuh jerawat gajah confused apa karena dikiranya aku gajah kali ya makanya suka tumbuh diwajahku. Padahalkan badanku kecil imut-imut gini blushing, walau agak buncit... deeeegg  hehehe devil karena lagi hamil buah hati love struck 

hmm... mengapa dan bagaimana jerawat tumbuh? 

Jerawat tumbuh biasanya pada masa pubertas dan remaja, tapi tak menutup kemungkinan untuk yang dewasa juga masih berjerawat. Jerawat timbul akibat dari bertambahnya kadar sebum berlebih dan terjadinya penumpukan di dalam kelenjar sebasea yang terdapat di dalam kulit. Kemudian minyak tersebut bercampur dengan bakteri di kulit. Lalu keduanya (sebum dan bakteri) bersatu menjadi butiran kental yang terdorong keluar dari kelenjar sebasea. 

Kadar sebum berlebih ini disebabkan oleh tingginya produksi kelenjar sebasea di dalam kulit. Tingginya produksi sebum tersebut disebabkan adanya perubahan hormonal pada masa remaja dan pubertas.

Oleh karena itu, penyembuhan jerawat terkadang menyebar di wajah dan bagian tubuh lainnya seperti punggung, harus dilakukan berdasarkan dua langkah dasar.

PERTAMA, penggunaan antibiotik untuk membunuh bakteri.

KEDUA, membersihkan kulit dari sebum berlebih sehingga tidak mengumpul dan tercemari bakteri.

Untuk mewujudnkan hal itu perhatian maksimal terhadap pembasuhan dan pembersihan kulit menjadi satu hal yang paling penting dilakukan thinking.

Ada beberapa ramuan alami yang cukup bermanfaat dan perlu dicoba untuk mengatasi masalah jerawat ini.
  • Minyak Pohon Teh : Gunakan minyak ini untuk mengolesi jerawat sebanyak 2x sehari. Sebelum menggunakannya, pastikan kulit Anda tidak alergi dengan minyak ini, untuk mengujinya dengan mengoleskan sedikit minyak ke kulit lengan bagian bawah. Jika terasa panas dan terbakar, berarti kulit Anda alergi dengan minyak ini.
  • Soda kue : Campurkan soda kue dengan beberapa tetes air hangat. Lalu oleskan ramuan ini ke bagian yang ditumbuhi jerawat selama 20-60 menit. Terakhir, basuh wajah dengan air hangat. lakukan terapi ini 1x sehari.
  • Ragi : Campur ragi secukupnya dengan air hangat. Lalu oleskan ke kulit yang ditumbuhi jerawat selama 20-60 menit sampai mengering dengan sendirinya. Kemudian basuh wajah dengan air hangat. Lakukan terapi ini sebanyak 1x sehari.
  • Ramuan Bawang Bombay untuk mengurangi Jerawat. Bahannya terdiri dari Bawang bombay yang diparut (2 siung), Putih telur (2 sendok teh), Calamine (bedak cair untuk kulit) 1 sendok teh. Campur semua bahan lalu aduk secara merata sehingga menjadi adonan yang sempurna, Lalu oleskan adonan ke bagian kulit yang ditumbuhi jerawat selama 20 menit. Terakhir basuh dengan air dingin atau air hangat.
Untuk mengoptimalkan penyembuhan jerawat teman-teman harus menghindari hal-hal yang dapat memicu tumbuhnya jerawat, yaitu :
  1. Hindari Stress! karena stress dapat memperparah masalah jerawat,
  2. Telitilah dalam penggunaan kosmetik! sebab ada beberapa kosmetik yang justru akan menambah timbulnya jerawat, 
  3. Kurangnya vitamin B12 (karena lebih mengutamakan makanan nabati)
  4. Cuaca panas dan lembab karena memicu keluarnya keringat secara terus-menerus sehingga kulit kurang mendapat penguapan,
  5. Makanan yang banyak mengandung yodium dan oabat berbahan yodium, 
  6. Makanan gorengan.
Tips Menangani Jerawat
  1. Hindari pemakaian vaselin dan kosmetik yang berbahan vaselin.
  2. Pilihlah jenis sabun yang tidak mengandung alkali.
  3. Pada sore hari, bersihkan sisa-sisa makeup dengan baik lalu basuh wajah dengan air dan sabun. Kemudian pakailah kosmetik atau krim anti jerawat, untuk kemudian biarkan sampai pagi.
  4. Pada pagi hari, bersihkan wajah dengan air dan sabun atau gunakan losion antijerawat. Lalu biarkanlah mengering dengan sendirinya.
Nah gimana ni teman-teman, ribet g tuh trik dan tips menangani jerawat happy, Anaqah rasa ini jauh lebih simple dan murah daripada kita harus perawatan ekstra ke dokter atau malah ada yang mau operasi wajah... rolling on the floor g deh, syukuri aja apa yang tuhan kasih ke kita, tapi dengan catatan dirawat dan dijaga ya winking

Semoga bermanfaat happy

by Anaqah
# Dr. Aiman al-Husaini