Kamis, 07 November 2013

Rambut Rontok, Ow Tidak Bisa-bisa Botak Ni!

Mengapa rambut menjadi tipis dan terus rontok?


Rambut merupakan organ tubuh yang tidak stabil, tetapi berubah-ubah. Rambut lama yang rusak akan rontok secara berkala. Kemudian akan digantikan oleh rambut baru yang segar. Namun, terkadang skala kerontokan rambut berlebih, sehingga rambut jadi semakin menipis. Hal ini tampak jelas saat menyisir rambut, di mana rambut yang menempel di sisir berjumlah cukup banyak.

Penyebab rambut rontok diantaranya adalah ;
  • Faktor Keturunan yang akhirnya dapat menyebabkan kebotakan. Namun hal ini biasa terjadi pada pria, pada wanita unumnya hanya terjadi kerontokan saja.
  • Kurangnya Nutrisi atau konsusmsi makanan yang tidak sehat. Rambut juga membutuhkan makanan makanan rambut yang utama adalah zat besi dan protein. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kerontokan dan kekurangan protein dapat menyebabkan kesehatan dan pertumbuhan rambut terganggu. Anemia juga menyebabkan penurunan zat besi dalam tubuh sehingga menyebabkan rambut rontok, hal ini sering terjadi pada wanita disiklus bulanan (haid).
  • Sakit. Pada saat sakit secara umum tubuh terpaksa menyuplai berbagai macam nutrisi ke berbagai organ penting dalam tubuh. Misalnya, jantung, konsekuensinya nutrisi yang cukup tidak akan mungkin tersalurkan ke organ-organ lainnya, seperti rambut.
  • Stress atau tekanan jiwa juga dapat memacu kerontokan rambut karena metabolisme tubuh menjadi tidak stabil. 
  • Beberapa obat-obatan terkadang bisa memicu kerontokan rambut. Misalnya pada obat yang diberikan pada penderita kanker, obat bius, anti nyeri dan antibiotik.
  • Gaya rambut yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kerontokan. Misalnya kepang, kuncir ekor kuda, dan pengunciran rambut kebelakang dengan menarik keras rambut bagian depan. Perlakuan seperti ini dapat menyebabkan kerusakan pada akar rambut dan nantinya akan menyebabkan tidak ada pertumbuhan rambut baru.
  • Pewarna rambut yang berbahan kimia.
  • Kehamilan bisa mempengaruhi rambut. Pada masa kehamilan hormon esterogen dalam tubuh berproses dengan sangat cepat. Kadar hormon bertambah banyak, yang memberi pengaruh terhadap kondisi rambut, yaitu peningkatan dan percepatan pertumbuhan rambut. Hal ini lah yang menyebabkan rambut pada saat hamil terlihat lebih lebat dan bervolume. Namun, pada saat masa kehamilan berakhir maka hormon esterogen secara bertahap kembali bekerja secara normal. Pada saat itu, rambut mulai mengalami kerontokan selama 2-3 bulan, sampai rambut lama berganti pada saat kehamilan habis.

Ketika rambut rontok tanpa sebab yang jelas

Tidak semua kerontokan rambut memiliki sebab yang jelas. Contohnya, ada satu keadaan yang cukup "terkenal" yang disebut dengan kebotakan lokal (alopecia areata). Pada kondisi ini rambut rontok tanpa alasan yang jelas. Pendapat terkuat mengatakan bahwa kondisi ini sangat berkaitan erat dengan kesalahan fungsi sistem imunitas yang menyebabkan akar rambut tidak lagi berproduksi.

Tips Mengobati Rambut Rontok
  1. Shampo Pelebat rambut (Volumizing Sampoos);
  2. Obat-obatan perangsang pertumbuhan;
  3. Mengolesi minyak rambut secara teratur;
  4. Memakai kondisioner setiap selesai keramas, agar rambut tidak kering dan tetao lembab serta memiliki kelembutan yang proporsional pada helainya;
  5. Pemijatan secara teratur pada kulit kepala yang berguna untuk memperlancara sirkulasi darah dan penyaluran nutrisi kebatang rambut dan mendorongnya untuk memproduksi raambut baru.
Pola makan yang dianjurkan untuk Mencegah Rambut Rontok
  1. Perhatikan jumlah asupan protein pada menu makanan sehari-hari;
  2. Konsumsi makanan yang kaya zat besi, jika mengalami anemia;
  3. Konsumsi ragi, karena kaya protein dan Vitamin B;
  4. Minumlah juice wortel dan juice lemon setiap hari.
>> Ramuan yang bisa dibuat sendiri

*Ramuan Daun selada dan bayam untuk mencegah rambut rontok

Bahan :
  • Irisan daun selada hijau 2 gelas
  • Irisan daun bayam 2 gelas
  • Air 2 gelas
Cara membuat dan menggunakan :

Campurkan semua bahan di atas lalu aduk sampai hancur dan merata. Setelah selesai, usapkan ramuan keseluruh bagian rambut sampai kulit kepala secara merata. Kemudian tutup rambut dengan handuk. Lakukan hal itu pada sore hari sebelum tidur. Pada pagi hari, buka handuk dan bilang rambut dengan air.

*Telur sebagai penguat rambut yang efektif

Bahan :
  • Putih Telur 1 butir
  • Air Hangat 4 sendok makan
Cara membuat dan menggunakan :

  • Aduk telur dalam air secara merata selama beberapa menit. Kemudian masukkan ke dalam botol kaca untuk kemudian disimpan di dalam lemari es. Ramuan ini bisa digunakan dengan cara membalurkannya ke rambut pada saat menyisirnya.
^_^ Semoga bermanfaat

By Sherlly Ken Anaqah Hamidah
#Dr. Aiman al-Husaini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar